KELELAHAN BISA MEMBUNUH (FATIGUE KILLS)


 

Tujuan “Kelelahan bisa Membunuh” adalah untuk berbagi informasi bahwa kelelahan bisa berakibat fatal. Perlu dipelajari hal-hal yang memperparah kelelahan, tanda-tanda kelelahan, kecelakan akibat kelelahan, serta cara mengatasi kelelahan.
Purpose of  “Fatigue Kills” is to share with others that fatigue can result in a fatality. We need to learn what makes fatigue worse, signs of fatigue, fatigue accidents, and how to beat fatigue.
Makan tidak teratur, kadar gula rendah, kurang tidur, makan makanan yang salah pada waktu yang salah, dehidrasi, tidur tidak teratur, semua menyebabkan KELELAHAN … dan KELELAHAN BISA MEMBUNUH …
 
PAHAMI JAM PRIBADI ANDA
Irregular eating, low blood sugar, sleep debt, eating the wrong food at the wrong time, dehydration, ignored sleep disorders, all contribute to FATIGUE … and FATIGUE KILLS …
UNDERSTAND YOUR PERSONAL CLOCK
  • Anda tidak dapat melawan alam – lakukan saja apa adanya.
  • Tubuh kita bekerja dalam putaran waktu tidur 24-25 jam.
  • Waktu terjelek dalam satu hari adalah tengah malam sampai jam 6 pagi.
  • Anda biasanya secara alamiah mengantuk setelah makan siang – hal tersebut tidak ada kaitannya dengan apa yang anda makan. Tapi ini akan menjadi lebih buruk bila anda makan makanan yang berlemak atau yang mengandung gula.
  • Tidur siang tidak seefektif tidur pada malam hari. Anda memerlukan beberapa kali tidur siang untuk memperoleh dampak yang sama dengan sekali tidur pada malam hari.
  • You cannot fight nature – just work with it.
  • Our bodies work in 24-25 hour cycles of sleeping, eating and being active.
  • Worst time of the day is midnight to 6 a.m.
  • You are naturally drowsy after lunch – it has nothing to do with what you eat. But it may be worse if you eat fatty or sugary foods.
  • Sleep during the day is not as effective as sleep during the night.  You need more daytime sleep to have the same effect as a good night’s sleep.
Masih ingin bekerja ketika ANDA mengantuk? Jam berapa Anda berangkat tidur? Jam berapa Anda terbangun? Berapa selisihnya? Tambahkan 12 jam and anda akan tahu kapan Anda harus dalam keadaan terjaga. Bersiaplah untuk hal tersebut, khususnya bila anda merencanakan untuk bepergian.
Want to work out when YOU will be most drowsy? What time did you go to bed?
What time did you wake up?
What is the mid point? Add 12 hours and you know when to expect a real dip in
alertness. Be ready for it, especially if you’re planning a trip.
KURANG TIDURSEPERTI HUTANG UANG … tidak dapat Anda abaikan
  • Lebih dari 90% orang memerlukan waktu tidur 8.5-11.5 jam setiap malam.
  • Bila anda kekurangan, maka anda harus segera menambahnya.
  • Berita baiknya adalah bahwa bila anda tidak juga berhasil menambahnya – bila anda kekurangan 2 jam dalam satu hari selama 10 hari, anda tidak perlu tidur selama 20 jam untuk menambahnya. Tidur malam lebih cepat akan menyelesaikan masalah tersebut.
SLEEP DEBT – – IT’S LIKE MONEY DEBT … … you can’t ignore it.
  • More than 90% of people need 8.5-11.5 hours of sleep a night.
  • If you miss this, you need to make it up quickly.
  • The good news is that you don’t have to make it all up – if you miss 2 hours a day for 10 days you don’t need to sleep for 20 hours to make it up. A couple of early nights will fix it.
APA YANG BISA MEMBUAT KELELAHAN MENJADI LEBIH BURUK?
Kegiatan……….
  • Mengendarai kendaraan dengan jarak yang panjang tanpa istirahat
  • Mengendarai kendaraan pada malam hari, siang hari, atau pada waktu-waktu lain di mana tubuh Anda memerlukan tidur
  • Mengendarai sendirian
  • Tugas berulang-ulang dalam pekerjaan
  • Mengendarai pada jalan panjang dan membosankan
  • Sering bepergian, misalnya pelaku perjalanan bisnis
  • Bekerja secara bergantian
  • Pengemudi komersial
WHAT MAKES FATIGUE WORSE?
Activities …
  • Driving long distances without rest breaks
  • Driving through the night, the early afternoon, or at other times when your body wants to be asleep
  • Driving alone
  • Repetitive tasks at work
  • Driving on long, boring roads
  • Traveling frequently e.g., business travelers
  • Working shifts
  • Commercial drivers
Kesehatan……..
  • Medikasi yang meningkatkan rasa kantuk atau minum alkohol
  • Orang dengan kebiasaan tidur buruk (begadang dan tidur terlambat)
  • Pola diet yang buruk – terlalu banyak gula dan lemak, kurangnya makanan segar, makan terlambat atau tidak teratur
  • Dehidrasi – tubuh Anda memerlukan sekitar 8 gelas air setiap hari. (bukan berupa soft drink, teh atau kopi)
Health …
  • Taking medication that increases sleepiness or drinking alcohol
  • People with bad sleep habits (staying up late and sleeping late)
  • Poor diet – too many sugars and fats, not enough fresh food, eating late or irregularly
  • Dehydration – your body needs around 8 glasses of water every day. (Not soft drinks, coffee, or tea)
 
Bila Anda melakukan hal-hal tersebut, maka perhatikan kebiasaan dan gaya hidup Anda agar bisa melihat perubahan apa yang telah Anda buat untuk mengurangi kelelahan Anda.
If you do these things, then look at your habits and lifestyle to see what changes you can make to reduce your own fatigue
ANDA TAHU ANDA LELAH PADA SAAT ANDA ……
  • Tidak mampu mengingat beberapa mil/menit terakhir
  • Keluar dari jalur atau menabrak pinggiran jalan
  • Pikiran sulit nyambung, sulit berkonsentrasi
  • Terus-terusan menguap
  • Sulit mengendalikan mata (mata selalu tertutup dan tidak terfokus)
  • Tidak memperhatikan rambu-rambu lalu-lintas dan mengikuti mobil lain terlalu dekat secara tidak sengaja
  • Sulit menegakkan kepala
  • Terus-terusan tersentak ketika mengendarai kendaraan
  • Menggerutu atau berbicara tidak karuan
  • Merasa jengkel dan mudah marah
YOU KNOW YOU ARE FATIGUE WHEN YOU …
  • Can’t remember the last few miles/minutes
  • Drift from your lane, or hit the curb
  • Have disconnected thoughts, can’t concentrate
  • Keep yawning
  • Can’t control your eyes (they keep shutting and going out of focus)
  • Miss traffic signs or tailgate accidentally
  • Have trouble keeping your head up
  • Keep jerking your vehicle back in lane
  • You mumble or mix up your words
  •  Are irritable and easily angered
Kecelakaan akibat kelelahan biasanya…..
  • Seseorang di dalam kendaraan
  • Antara tengah malam dan jam 6 pagi
  • Kendaraan keluar dari jalan dan menabrak obyek tak bergerak
  • Tabrakan langsung – tidak ada usaha untuk menghindari tabrakan
  • Mematikan
Ingatlah ini…sebuah kendaraan yang sedang meluncur ke arah Anda bisa jadi sedang dikendarai oleh seorang pengemudi yang sedang tertidur. Terserah Anda untuk waspada dan mengambil tindakan menghindari.
Fatigue accidents are typically …
  • One person in the vehicle
  • Between midnight and 6 am
  • Vehicle leaving the road and hitting a stationary object
  • Head-on collisions – no attempt at avoiding the crash
  • Deadly
Remember this … a vehicle coming straight at you might have a sleeping driver at the wheel! It’s up to you to be
alert and take avoiding action.
 
MITOS TENTANG MENGATASI KELELAHAN
 
MYTHS ABOUT BEATING FATIGUE
Kopi bisa membantu anda agar tetap terjaga…..
Salah. Perangsang bukanlah pengganti tidur. Mereka hanya membuat Anda merasa lebih terjaga untuk beberapa saat. Jika Anda termasuk orang yang susah tidur, Anda tetap akan mengalami rasa kantuk sesaat sekalipun telah meminum kopi. Tidur sesaat bisa berlangsung selama 3-5 detik dan dapat membunuh Anda bila sedang mengendarai kendaraan. Kafein memerlukan waktu sekitar 30 menit untuk mempengaruhi sistem syaraf tubuh Anda.
Coffee can help you stay Awake …
False. Stimulants are no substitute for sleep – they just make you feel more alert for a short time. If you are sleep-deprived, you will still have micro-sleeps even drinking coffee. Micro-sleeps (nodding off) can last 3-5 seconds and can kill you if you’re driving. It takes around 30 minutes for caffeine to affect your system.
Lebih baik terus jalan. Saya tidak bisa tidur sebentar.
Salah. Penelitian membuktikan bahwa bahkan orang yang mengatakan mereka tidak lelah akan tertidur di ruangan yang gelap. Jika anda berpikir Anda tidak bisa tidur, berbaringlah di kursi Anda selama 15 menit. Anda mungkin terkejut. Ingatlah untuk mengunci pintu Anda dan pastikan kendaraan memiliki ventilasi udara.  Anda masih ingin bagun lagi!
It’s better to keep going. I can’t nap.
False. Research shows that even people who say they are not tired will fall asleep in a darkened room. If you think you can’t sleep, recline the seat and lie down for 15 minutes anyway. You may be surprised. Remember to lock your doors and make sure the vehicle is ventilated. You want to wake up again!
Orang muda memerlukan tidur lebih sedikit
 
Salah. Kenyataannya, anak-anak muda dan orang muda memerlukan tidur lebih banyak daripada mereka yang  telah berumur 30 tahunan. Anak-anak dan orang-orang yang bangun lebih awal cenderung merasa terjaga pada malam hari yang membuat mereka berpikir mereka perlu tidur lebih sedikit — namun kejadiannya bisa menjadi terbalik bila stimulasi berhenti.
Young people need less sleep.
 
 
False. In fact, teenagers and young people need more sleep than people in their 30s. Teenagers and people who get up early tend to feel alert in the evenings which makes them think they need less sleep.
Young people’s entertainment is stimulating which keeps them alert – but this plummets when the stimulation stops.
Satu-satunya cara mengatasi kelelahan adalah dengan:
  • Mengganti kekurangan tidur anda — tidurlah lebih awal pada malam hari.
  • Perbaiki kebiasaan diet anda sehingga gula darah anda lebih konstan.
  • Tidur dan bangunlah secara teratur.
  • Pahami dan aturlah ritme karakteristik perilaku dan fisik pribadi anda.
The only way to beat fatigue is to:
 
  • Catch up on your sleep debt – get a few early nights.
  • Improve your diet habits so that your blood sugar stays more constant.
  • Get into regular sleep and wake patterns.
  • Understand your personal circadian rhythm and work with it.
KELELAHAN …. BISA MEMBUAT ANDA ISTIRAHAT SELAMANYA
FATIGUE… IT CAN PUT YOU TO REST
PERMANENTLY
Topik ini adalah salah satu dari sasaran elemen OMS yang berkaitan dengan Workplace Health and Hygiene.
This Topic is related with OMS’s element Goals for Workplace Health and Hygiene. 
Kuis ini diberikan kepada peserta sebelum topik safety meeting ini dijelaskan. Tujuan dari pre quiz ini adalah untuk memonitor dan mengukur seberapa jauh peserta mengetahui tujuan dan sasaran topik ini.
Pre quiz is given to the participants prior to discussing the safety meeting topic. The aim of this quiz is to monitor and measure how far the participants know about the purpose and the target of the topic.
1. Berikut adalah hal-hal yang tidak benar mengenai kelelahan kecuali:
  1. Kafein mempengaruhi sistem syaraf dengan cepat sehingga membuat Anda tetap terjaga.
  2. Orang muda memerlukan tidur lebih sedikit.
  3. c.  Kelelahan dapat membuat Anda istirahat untuk selamanya.  
1. This is not true about fatigue, except:
  1. Caffeine affects your system so quickly that it can help you stay awake.
  2. Young people need less sleep.
  3. Fatigue can put you to rest permanently.
 
2.  Salah satu cara mengatasi kelelahan adalah dengan:
  1. Mengerjakan tugas berulang-ulang dalam pekerjaan.
  2. Pahami dan atur ritme karakteristik perilaku dan fisik pribadi anda.
  3. c.     Meminum kopi.
2. One way among others to beat fatigue is to:
  1. Do repetitive tasks at work.
  2. Understand your personal circadian rhythm and work with it.
  3. c.    Drink coffee.
3. Berikut adalah hal-hal yang dapat memperparah kelelahan kecuali:
  1. Bekerja secara bergantian.
  2. Tidak minum alkohol.
  3. c.     Makan banyak gula dan lemak.
3. The following can make fatigue worse, except:
  1. Working shifts.
  2. Not drinking alcohol.
  3. c.     Eating too many sugars and fats.
4. Di antara tanda-tanda kelelahan, kecuali:
  1. Menggerutu / bicara tidak karuan.
  2. Merasa jengkel dan mudah marah.
  3. c.     Tidur lebih awal setiap malam.
4. These are the signs of fatigue, except:
  1. Mumbling or mixing up your words.
    1. Irritable and easily angered.
    2. c.     Get a few early nights.
5.  Kecelakaan akibat kelelahan biasanya:
  1. Fatal.
  2. Kendaraan menabrak obyek bergerak.
  3. c.     Ada usaha untuk menghindari kecelakaan.
5. Fatigue accidents are typically …
  1. Fatal.
  2. Vehicle hitting a moving object.
  3. c.     There is an attempt at avoiding the crash.
Categories: Health and Safety Focus, Promosi Kesehatan | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: