Hari Kesehatan Dunia ; “Karena Lansia ingin dihargai”


Dalam setiap tahun, tanggal 7 mei ditetapkan sebagai salah satu hari yang diperingati oleh penduduk dunia. Peringatan itu dinamakan “ Hari Kesehatan Se – Dunia “. Salah satu tujuannya untuk mengingatkan masyarakat umum , pemerintah dan terkhusus untuk petugas kesehatan tentang topik utama yang bersangkutan dengan kesejahteraan kesehatan yang sedang menjadi perhatian WHO (Badan kesehatan dunia) pada tahun itu.

Pada peringatan tahun ini, 7 mei 2012, WHO mengangkat sebuah grand tema “ Ageing and Healthy “, yang jika diartikan dalam bahasa kita kurang lebih artinya “ menjadi tua dan tetap sehat “. Pengangkatan tema ini pastinya bukan karena alasan, karena harus desesuaikan dengan resiko permasalahan yang sedang atau akan dihadapi dunia kedepan.

WHO mengangkat tema “ Ageing and Healthy “ berkaitan dengan makin bertambahnya jumlah lanjut usia diseluruh negara di dunia. Pertambahan yang begitu besar ini dikarnakan tingginya harapan hidup yang sejalan dengan kemajuan ilmu, teknologi dan ekonomi yang terus berkembang pesat.

Tingginya jumlah lansia akan membawa permasalahan tersendiri jika tidak ditangani dengan baik . Ini tentunya berkaitan dengan kualitas kehidupan sehari – hari dalam usia lanjut, lebih – lebih yang berhubungan dengan kesehatan. Apalagi secara normal, lansia lebih mudah mengalami gangguan kesehatan dari pada usia lainya. Hal ini jika dibiarkan saja, akan membuat kehidupan lansia makin buruk, dengan begitu drajat kualitas kehidupan lansia turun dalam nilai kesehatan, produktifitas, semangat dan kebahagiaan.

Di Indonesia, beberapa ahli pengamat kesehatan berusaha mencari solusi terbaik (efektif dan efisien ) untuk menyelesaikan permasalahan usia lanjut . Dan salah satu yang dilirik mereka adalah mengoptimalkan peran perawat dalam keikutsertaannya dalam mewujudkan lansia yang sehat dan produktif melalui usaha promosi kesehatan. Diharapkan dengan mengoptimalkan peran perawat dalam keluarga dan masyarakat bisa meningkatkan drajat kualitas kehidupan lansia.

Karena itu, marilah perawat, kita siapkan diri kita untuk tugas yang mulia ini. Menjadi lebih peduli pada orang tua, menjadi lebih cinta kepada orang tua, dan menjadi lebih hormat kepada orang tua. Semoga dengan tema Ageing and Healthy dapat memprakarsai terbukanya mata hati perawat, “ bahwa lansia sangat berarti, “ dan “bahwa lansia ingin dihargai”.

Post Edit ; Healty to be Healthy

Dari ; Sahabat Perawat : “Karena lansia ingin dihargai”

Categories: Artikel Kesehatan, Promosi Kesehatan | Tags: , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: