Good housekeeping tips (Safety Meeting)


 

 Cobalah dari diri anda sendiri untuk melihat jika anda telah mengikuti aturan-aturan dari Good housekeeping :

 

  • Apakah gang-gang (aisles) telah diberi tanda-tanda yang jelas (clearly marked) dan dibuat bebas dari kesemrawutan (clutter)?.
  • Apakah tumpahan-tumpahan (spills) dan kebocoran –kebocoran (leaks) sudah dibersihkan (waped up) dengan segera (promptly) ?.
  • Apakah laci-laci (drawers) sudah selalu dalam keadaan tertutup bila tidak dipergunakan ?.
  • Apakah tempat penyimpanan sementara (temporary storage) sudah dikeluarkan dari gang-gang (aisles) dan area-area kerja (work areas) ?.
  • Sudahkah sampah (waste) telah dibuang (disposed of) dengan segera ?.
  • Apakah alat-alat (tools) dan peralatan (equipment) selalu bersih dan bebas dari kotoran (dirt) atau minyak (oil) ?.
  • Apakah alat-alat, khususnya alat yang bertepi tajam (sharp edge) atau yang berujung lancip (pointed tips) telah disimpan dengan benar (stored properly) bila tidak dipergunakan ?.
  • Apakah rak-rak penyimpanan dan peti-peti (bins) telah ditumpuk rapi (stacked neatly) dan aman (safeky) ?.
  • Apakah pintu-pintu emergency kebakaran(fire exits) alat-alat pemadam api (fire extinguishers) dan semprotan air (sprinklers) telah diberi tanda jelas (clearly marked) dan bebas dari penghalang-penghalang (destructions) ?.
  • Apakah minyak-minyak (oily), gemuk (greasy) dan kain-kain bekas cat (paint-covered rags) telah dibuang dengan segera ?.
  • Apakah merokok sudah terbatas/ dibatasi pada area-area/ditempat yang sudah ditentukan/ dibuat (designated area) dengan asbak yang cukup (plenty of ashtrays) ?.
  • Apakah penempatan semua benda/ barang-barang sudah sesuai dengan tempatnya masing-masing ?.

 

 

Ingat ! 

  • Lebih mudah menjaga kebersihan tempat kerja dari-pada membersihkannya.
  • Good housekeeping adalah bagian dari tugas anda.
  • Anda akan bisa bekerja lebih baik dan lebih cepat bila tempat kerja anda bersih dan teratur. Pekerjaan anda akan menjadi lebih menyenangkan, Jugaa !.


 Test yourself to see if you’re following the rules of good housekeeping :

 

  • Are aisles clearly marked and kept free of clutter ?
  • Are spills and leaks wiped up promptly ?
  • Are drawers kept closed when they’re not used ?
  • Is temporary storage kept out of aisles and work areas ?
  • Is waste disposed of promptly ?
  • Are tools and equipment kept clean and free of dirt or oil ?
  • Are tools, especially those with sharp edges or pointed tips, stored properly when they’re not used ?
  • Are storage racks and bins stacked neatly and safely ?
  • Are fire extinguishers and sprinklers clearly marked and free of obstructions ?
  • Are oily, greasy and paint – covered rags disposed of properly ?
  • Is smoking confined to designated areas, with plenty of ashtrays ?
  • Is there a place for everything, with everything in its place ?

 

 

 

 

Remember

  • It’s easier to keep your work area clean than to clean it up.
  • Good housekeeping is part of your job.
  • You’ll work better and faster when your work area is neat and organized. Your work will be a lot more enjoyable, too !

 

Reference : The National Safety Council – 1990.

RB01651.

Kris@2012

Your Safety Partner

Categories: Health and Safety Focus, Promosi Kesehatan | Tags: | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: