DIABETUS MELLITUS, SEHAT DAN BUGAR DENGAN GIZI SEIMBANG


Pendahuluan

         Diabetes Mellitus (DM), tekanan darah tinggi, penyakit jantung koroner sangat erat berhubungan dengan perubahan dan perbaikan tatanan sosio ekonomi Negara.  Pada era pembangunan ini tampak muncul peningkatan prevalensi penyakit DM.  Hasil penelitian para ahli tahun 1976 menunjukkan angka kesakitan 6,7 % dan kenaikan terjadi pada tahun 1979 menjadi 14,1 %.  Prof. Utojo Sukaton melaporkan bahwa :  Diabetus Mellitus adalah penyakit terbesar diantara 20 penyakit utama yang dirawat pada Bagian Penyakit Dalam FKUI/RSCM Jakarta.  Meskipun laporan tentang kejadian penyakit DM,  belumlah lengkap secara menyeluruh,  akan tetapi di Indonesia cenderung terjadi kenaikan angka penderita DM.

         Ada bukti ilmiah bahwa hubungan kegiatan fisik dengan penyakit tidak menular seperti kardiovaskular disease, Diabetus Mellitus, hypertensi dan kegemukan prevalensi angka kesakitan penyakit-penyakit tersebut dapat menurun jika dikaitkan  dengan olah raga yang  teratur dan terukur. Saat ini penyakit-penyakit tidak menular itu ditemukan menjadi epidemic disebagian besar wilayah dunia.  Hal ini disebabkan terjadinya perubahan gaya hidup masyarakat seperti, kurang aktifitas fisik, merokok, pola makan yang kurang benar serta diet yang kurang tepat. Karena itu , aktifitas fisik atau latihan yang teratur dan terukur merupakan cara mudah dan murah untuk meningkatkan status kesehtan seseorang atau masyarakat baik secra langsung maupun tak langsung, apalagi bila aktifitas fisik tersebut disertai dengan gizi  seimbang yang benar serta berat badan seimbang.

DIABETES  MELLITUS

Beberapa pertanyaan yang sering muncul mengenai diabetes mellitus

1.      Apakah penyakit Diabetus Mellitus itu  ?

Diabetus Mellitus (DM) merupakan suatu penyakit yang ditandai dengan hiperglikemia kronik  (kadar gula darah puasa lebih dari 130 mg %/normal 60 – 110 mg %) serta gula darah 2 jam sesudah makan lebih dari 160 mg %/normal 110 – 140 mg %) yang disebabkan  oleh factor genetic dan / atau lingkungan.

2.      Apa gejala akut penyakit Diabetus Mellitus ?

Gejala penyakit Diabetus Mellitus dari satu penderita ke lainnya, tidaklah sama;  bahkan ada penderita DM yang tanpa menunjukkan gejala-gejala apapun sampai pada saat tertentu.  Di bawah ini adalah gejala-gejala pada umumnya yang timbul dengan tidak mengurangi kemungkinan adanya variasi gejala lain.

  1. Pertama gejala permulaan yang ditunjukkan meliputi 3 (tiga) SERBA BANYAK, yaitu : banyak makan (Polifagia),  banyak minum (Polidipsia),  dan banyak kencing (Poliuria).  atau disingkat : 3 P.  Dalam keadaan ini biasanya penderita menunjukkan berat badan yang terus naik (bertambah gemuk), karena pada saat ini jumlah insulin masih “mencukupi”.
  2. Kedua,  bila keadaan tersebut tidak lekas diobati maka lama kelamaan mulai timbul gejala kemunduran kerja insulin, sehingga tidak 3 P lagi, melainkan hanya 2 P saja, yaitu : napsu makan mulai berkurang (tidak Polifagia lagi) hanya banyak minum dan banyak kencing,  mudah capai, berat badan turun dengan cepat (dapat turun  5  –  10  kg dalam waktu  2 – 4 minggu.  Dalam keadaan ini bila tidak lekas diobati,  maka timbul rasa mual bahkan penderita akan tidak sadarkan diri yang disebut : Koma Diabetik.

3.  Apakah penyakit Diabetus Mellitus sangat berbahaya dan dapat menular ?

Penyakit Diabetus Mellitus adalah penyakit yang tidak berbahanya dan tidak menular asal saja tidak diremehkan dan masyarakt harus dilatih untuk bertindak preventif terhadap Diabetus Mellitus.

4.  Jika kita sudah berusaha hidup sehat tetapi tetap menderita Diabetus Mellitus apa yang sebaiknya harus kita ketahui  ?

Yang harus diketahui kita harus memeriksakan diri pada pusat-pusat pelayanan kesehatan seperti ke Puskesmas, Rumah Sakit, dan dokter.  Pada umumnya dokter akan menjelaskan bahwa diet dengan gizi seimbang dan olah raga yang teratur agar tetap sehat dan bugar adalah pengobatan DM yang paling penting.  Dalam keadaan yang sudah kronik dan akan terjadi komplikasi maka akan disertai dengan Obat Anti Diabetes (OAD).

5.  Bisa dijelaskan olah raga yang teratur dapat membuat sehat dan bugar pada penderita Diabetus Mellitus ?

  • Ada bukti ilmiah bahwa hubungan kegiatan fisik atau latihan fisik dengan   penyakit tidak menular  seperti Diabetus Mellitus, kardiovaskular disease,  hypertensi dan kegemukan.  Artinya dengan olahraga yang teratur dan terukur menurunkan prevalensi angka kesakitan penyakit-penyakit tersebut.
  • DM akan terawat baik bila terdapat keseimbangan yang baik antara pengaturan makanan (diet), latihan fisik teratur setiap hari dan kerja insulin.
  • Latihan yang teratur merupakan komponen yang penting dalam pengobatan DM
  • Beberapa kegunaan dari latihan teratur setiap hari pada penderita DM :
    • Meningkatkan kepekaan insulin (glucose uptake) apabila dikerjakan setiap 1½ jam sesudah makan,  berarti mengurangi insulin resisten pada penderita dengan kegemukan atau menambah jumlah reseptor insulin dan meningkatkan sensitivitas insulin dengan reseptornya.
    • Mencegah kegemukan apabila ditambah latihan pagi dan sore.
    • Memperbaiki aliran darah perifer dan menambah oxygen supply.
    • Meningkatkan kadar kolesterol – HDL (factor protektif untuk penyakit jantung koroner).
    • Karena glikogen otot dan hati menjadi kurang,  maka selama latihan akan dirangsang pembentukan glikogen baru.
    • Menurunkan kolesterol (total) dan trigliserida dalam darah,  karena pembakaran asam lemak menjadi lebih baik.
    • Akibat factor-faktor tersebut, regulasi DM akan lebih mudah.

6.  Agar sehat dan bugar bagi penderita Diabetus Mellitus harus ada keseimbangan antara olah raga dengan diet Gizi Seimbang.  Apa yang dimaksud dengan Gizi Seimbang untuk penderita Diabetus Mellitus  ?

  • Gizi Seimbang adalah hidangan makanan yang mengandung zat tenaga, zat pembangun dan zat pengatur, yang dikonsumsi seseorang dalam satu hari, sesuai kecukupan dan kemampuan tubuhnya mencerna makanan dengan memperhatikan umur,  jenis kelamin,  jenis aktivitas,  dan kondisi lain seperti sakit,  hamil,  dan menyusui.
  • Gizi Seimbang pada piñata laksanaan DM diberikan dalam bentuk karbohidrat kompleks (beras, jagung, gandum, umbi-umbian, sagu dan pisang) dalam ukuran yang terbagi dengan tujuan meningkatkan atau memperbaiki pembakaran glukosa di jaringan perifer dan memperbaiki kepekaan.
  • Dalam diit gizi seimbang diupayakan banyak mengandung serat yang berasal dari sayuran dengan tujuan untuk menekan kenaikan kadar glukosa darah sesudah makan dan menaikkan kadar kolesterol darah.
  • Pengaturan gizi seimbang diberikan dengan 3 kali makan utama dan 3 kali makanan antara (snack = kudapan/buah) dengan interval waktu 3 jam.
  • Pedoman 3 J dalam gizi seimbang yang harus diikuti :
  • J 1 : Jumlah kalori yang diberikan harus habis, jangan dikurangi atau ditambah.
  • J 2 : Jadwal pengaturan makanan harus diikuti sesuai dengan intervalnya.
  • J3 : Jenis makanan yang manis harus dihindari termasuk buah dan makanan  manis lainnya
  • Pedoman jumlah kalori yang diperlukan sehari untuk penderita DM yang bekerja biasa  :

   ☺ Kurus        : BB x  40 – 60 kalori sehari

   ☺ Normal      : BB x  30  kalori sehari

   ☺ Gemuk      : BB x  20  kalori sehari

   ☺ Obesitas     ; BB x  10  –  15  kalori sehari

7.  Bagaimanakah contoh makanan dengan Gizi Seimbang pada penderita Diabetus  Mellitus  ?

Contoh Makanan Gizi Seimbang Pada DM dengan  1.700  Kalori


☼ Pagi Pukul  06.30                                         ☼ Pagi Pukul  06.30

   –  Nasi putih             90  gram                –  Roti isi keju, kacang tanah             

   –  Semur daging         25  gram           – Roti putih     60  gram

   –  Ungkep tempe        25  gram          –  Keju  secukupnya

   –  Orak Arik Wortel + Kol                   –   Telur rebus    60  gram

      –  Wortel                  25  gram               –  Lalap tomat sekehendak  

      –  Kol                100 gram                        –  Minyak    5  gram                   

   –  Minyak          5 gram


☼ Snack Pukul 09.30                                 ☼ Snack Pukul  09.30          

   –  Pisang         150  gram                             –  Pepaya   150  gram


☼ Siang Pukul  12.30                                  ☼ Siang Pukul  12.30

   –  Nasi putih               130  gram                  –  Nasi putih      130  gram

   –  Soup kembang kol +  Wortel              –  Daging bumbu bali  40  gram

      +  Tomat                                                            –  Pecal        1 porsi sedang

     –  Kembang kol        100 gram                 –  Cah  Sawi       50  gram

     –  Wortel       50 gram                                  –   Minyak     7,5 gram

     –  Tomat sekehendak                               –   Nenas     100  gram

   –  Daging giling / bistik   40 gram

   –  Minyak   7,5 gram

   –  Jeruk garut    110  gram


☼ Snack Pukul  15.30                                       ☼ Snack Pukul  15.30

   –  Kentang ungkep    175  gram             –  Pisang    175  gram


☼ Sore Pukul  18.30                                                        ☼ Sore Pukul  18.30

   –  Nasi putih       130  gram                                   –  Kentang ongklok       130  gram  

   –  Tumis buncis  +  labu siam  + tetelan   –  Daging bistik       25  gram  

      –  Buncis       50  gram                                   –  Tahu tim     50  gram  

      –  Labu siam        100  gram                        –  Stup Buncis+ wortel +  selada  +  tomat

   –  Gadon daging           25  gram                       –  Buncis     50  gram  

   –  Opor tempe + ayam bakwan  50  gr   –  Wortel          50  gram  

   –  Minyak                 7,5  gram                           –  Selada + tomat secukupnya       

   –  Compote papaya    150  gram                 –  Minyak     7,5  gram   

                                                                                           –  Pepaya       150  gram  


☼ Snack Pukul  21.30                                   ☼ Snack Pukul  21.30

   –  Kentang ungkep    175  gram             –  Apel    100  gram

Program Promosi Kesehatan mengucapkan ;

“Tetap Sehat dan Semoga Bermanfaat bagi anda”

Krist@2012

Email to ; Bajaumundu@yahoo.com

ONLY GOD WE TRUST


Categories: Promosi Kesehatan | Tags: , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: