4 Vaksin Penting Untuk Wanita Dewasa

4 Vaksin Penting Untuk Wanita Dewasa

Bukan hanya anak-anak yang membutuhkan vaksin. Orang dewasa juga membutuhkan vaksin untuk menegah penyakit berbahaya yang bisa menimbulkan kematian. Padahal sebenarnya, penyakit berbahaya tersebut bisa dicegah sedini mungkin dengan pemberian vaksin.

Ada empat vaksin penting yang dibutuhkan wanita dewasa. Jika Anda belum pernah mendapatkan vaksin berikut, berkonsultasilah dengan dokter. Ingatlah mencegah akan jauh lebih baik daripada mengobati.

1. Vaksin flu
Komplikasi influenza yang disertai rasa nyeri seluruh tubuh, sakit tenggorokan, hidung berair, batuk, sesak nafas, demam menyebabkan 36.000 kematian tiap tahunnya. Untuk mencegah flu ada dua pilihan vaksin yang bisa dilakukan, yaitu vaksin flu regular dan vaksin untuk menangkal virus H1N1. Vaksin flu regular diberikan setiap satu tahun sekali, dan lebih baik dilakukan antara September hingga Februari. Bayi usia enam bulan sudah bisa diberikan vaksin flu.

2. Vaksin Hepatitis B
Tanyakan riwayat kesehatan Anda pada ibu atau ayah. Jika Anda belum pernah mendapatkan vaksin hepatitis B, segera berkonsultasi dengan dokter. Vaksin hepatitis B ini sangat penting untuk mencegah penyakit kuning, kanker hati dan gagalnya fungsi hati. Setiap orang harus mendapatkan vaksin hepatitis. Vaksin ini diberikan sekali dalam seumur hidup, dengan cara tiga kali suntikan yang berjarak enam bulan.

3. Vaksin HPV
Vaksin HPV atau yang lebih dikenal dengan vaksin serviks berfungsi untuk menangkal human papilomavirus (HPV) penyebab kanker serviks pada wanita. Pemberian vaksin ini bisa mengurangi risiko kanker serviks hingga 80%. Vaksin ini bisa diberikan pada wanita sedini mungkin mulai dari usia 9 tahun. Vaksin ini sangat dianjurkan bagi wanita yang sudah aktif secara seksual.

Meskipun seseorang sudah terkena HPV, vaksin bisa mencegah terjadinya infeksi yang lebih serius. Vaksin ini diberikan sekali dalam seumur hidup,  dengan cara tiga kali suntikan yang berjarak enam bulan.

4. Vaksin DPT
Vaksin DPT ini berfungsi untuk mencegah tetanus, difteri dan pertussis (batuk rejan) yang bisa menimbulkan kematian. Anda mungkin pernah mendapatkan vaksin DPT saat kecil. Tetapi vaksin ini hanya mampu melindungi selama 10 tahun saja. Jadi lihat kembali riwayat kesehatan, kapan Anda mendapatkan vaksin DPT dan lakukan setiap 10 tahun sekali. Vaksin ini dapat diberikan pada wanita berusia 19 – 64 tahun, kecuali wanita hamil.

Sumber: VIVAnews

 

Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: