Tetap Sehat Dan Bugar Pasca Ramadhan

images (3)

Harus kita diakui, rangkaian kegiatan selama bulan Ramadhan dan Lebaran membuat tidak menentunya kondisi dan berat badan tubuh bagi kebanyakan orang khususnya kaum muslimin yang menjalankan ibadah puasa. Banyak orang yang sukses menurunkan berat badannya saat berpuasa, namun pada saat Lebaran bisa saja berat badan kembali melonjak jika kita tidak pandai dalam mengatur dan menjaga pola makan. Tak ayal hal tersebut membuat banyak gangguan kesehatan mengintai Anda dan keluarga tercinta pasca puasa dan Lebaran.

Sebenarnya tidak sulit dalam menerapkan pola makan sehat pasca puasa dan perayaan hari raya. Salah satunya yang terpenting adalah mengontrol makanan yang masuk. Buah-buahan dan sayur-sayuran layak dikonsumsi untuk mengimbangi makanan berlemak dan minimnya aktivitas fisik.

Bagaimana cara mengembalikan kebugaran tubuh pasca puasa dan hari raya? Berikut hal-hal yang harus Anda perhatikan:

  • Kembali Atur Pola Makan.
    Pola makan manusia pada umumnya adalah 3 kali sehari. Nah, untuk menjaga pola makan Anda agar tetap stabil alangkah baiknya untuk kembali menerapkan makan 3 kali sehari ini dengan porsi yang dibutuhkan oleh tubuh. Jangan menunda makan, karena jika kita terbiasa menunda waktu makan malah akan memperparah porsi makan. Sedikit makan asalkan waktunya stabil bisa tetap menjaga kondisi tubuh Anda.
  • Imbangi dengan Buah-buahan dan Sayur.
    Serat buah dan sayur sangat baik untuk menjaga kesehatan dan memperlancar pencernaan. Selain itu konsumsi buah dan sayur dalam jumlah yang banyak tidak akan membuat tubuh Anda menjadi gemuk. Jadi jangan takut dan ragu untuk memperbanyak mengkonsumsi buah segar yang baik untuk melengkapi asupan vitamin penting bagi tubuh. Pilihlah buah yang mengandung kadar air tinggi seperti apel, belimbing, dan jeruk yang cukup baik bagi peredaran darah kita.
  • Perbanyak Minum Air Putih.
    Beberapa ahli medis menyebutkan bahwa air putih sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan berat badan tubuh. Pastikan Anda tetap mengutamakan minum air putih ketimbang minuman lainnya.
  • Hindari Makanan yang Mengandung Banyak Gula dan Santan.
    Usahakan untuk menghindari makanan lain yang terlalu manis dan banyak mengandung santan. Kandungan gula pada makanan yang berasal dari karbohidrat akan memicu naiknya insulin dan meningkatnya kadar gula darah. Sedangkan santan perlu dihindari untuk menjaga tubuh dari serangan kolesterol yang tinggi dan penyakit asam urat.
  • Olahraga.
    Olahraga mungkin menjadi satu rutinitas yang diabaikan saat berpuasa apalagi usai Lebaran. Untuk tetap memiliki tubuh yang bugar dan ideal, selain pola makan, kita juga harus kembali rutin berolahraga. Olahraga berguna untuk membuang racun-racun yang bersarang di tubuh. Olahraga juga dipercaya sebagai cara yang paling sehat membakar kalori berlebih dalam tubuh. Ada beberapa olahraga yang dianjurkan, seperti berenang, jalan kaki, dan bersepeda.
  • Istirahat Cukup.
    Salah satu syarat untuk hidup sehat adalah cukup istirahat. Istirahat yang paling sempurna adalah tidur. Pada saat tidur terjadi regenerasi sel-sel yang rusak menjadi baru, peningkatan kekebalan tubuh dari serangan penyakit, dan lancarnya peningkatan hormon pertumbuhan tubuh.

Dengan aktivitas fisik yang seimbang, dijamin kondisi tubuh Anda dan keluarga akan tetap sehat, bugar, dan siap kembali melakukan aktivitas.

Salam Sehat.

Kris

Mail To : bajaumundu@yahoo.com

1 Komentar

One thought on “Tetap Sehat Dan Bugar Pasca Ramadhan

  1. Ping-balik: Tetap Sehat Dan Bugar Pasca Ramadhan | PUSKESMAS BATU PUTIH KABUPATEN BERAU KALIMANTAN TIMUR

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: